Wednesday, April 19, 2006

Menemukan Tuhan melalui Kitab Suci





"Nothing is more practical than finding God"

Pedro Arrupe, S.J. (1907-1991)
Superior General of the Society of Jesus 1961-1984






Menemukan Tuhan melalui Kitab Suci

Cardinal Martini, S.J.


Tujuan dari membaca Kitab Suci bukan supaya kita menjadi ahli Kitab Suci, tetapi supaya kita menjadi pendoa yang membiarkan Kitab Suci membimbing kita pada perjumpaan pribadi dengan Tuhan yang memanggil kita dalam situasi riil hidup kita, di sini dan sekarang. Teks Kitab Suci tetap merupakan titik tolak dan acuan yang penting, tetapi darinya muncul keseluruhan aliran refleksi, pertanyaan, analisis, tanggapan yang memuaskan pikiran dan menghangatkan hati kita. Metode lectio divina khususnya sangat bermanfaat untuk tujuan ini.

Perjalanan menemukan Tuhan melalui Kitab Suci ini tidak mudah, karena kita bisa diibaratkan seperti murid-murid yang sedang dalam perjalanan bersama Yesus menuju Emmaus yang, " sedih...seolah-olah buta, sehingga mereka tidak mengenali Dia." Tidak mudah bagi Yesus untuk meyakinkan teman perjalanannya, jika perjalanan yang panjang, makan malam bersama, dan pemecahan roti diperlukan sebelum mata mereka terbuka.

Memahami makna Kitab Suci memerlukan proses yang kontinyu dan lambat yang berlangsung selama perjalanan dari siang sampai malam, sebuah gambaran peziarahan kita sepanjang hidup. Ini adalah sebuah jalan panjang yang kita semua ikuti, sampai suatu saat ketika mata kita terbuka pada visi Anak Domba Allah yang memecahkan roti di meja Kerajaan Allah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home